ASSALAMUALAIKUM....! SELAMAT DATANG DI BLOG YANG SEDERHANA INI. SEMOGA BISA MEMBERI MANFAAT DAN INSPIRASI BAGI ANDA. SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR. KARENA KOMENTAR ANDA SANGAT BERMANFAAT UNTUK BELAJAR LEBIH BAIK. TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Jumat, 26 Juli 2013

ALAT PENYEGAR RUANGAN DENGAN MEMANFAATKAN ELEKTROLISIS AIR

 
Assalamualaikum sob....! kali ini saya akan memposting sebuah karya tulis saya yang pernah saya ajukan ketika masih di bangku kuliah. karya tulis ini masuk dalam kategori PKM GT, yaitu program kreativitas mahasiswa dalam bentuk gagasan tertulis. Tulisan ini hanyalah ringkasanya saja. berikut ringkasan karya tulis itu....

Pencemaran udara di dalam ruang terkadang kurang diperhatikan dibandingkan dengan pencemaran udara di luar ruangan. Padahal tingkat pencemaran udara dalam ruangan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat pencemaran di luar ruangan. Potensi manusia terkena imbas pencemaran dalam ruangan juga lebih besar. Karena pada umumnya orang melakukan aktifitas di dalam ruangan, sehingga waktu untuk berada di dalam ruangan lebih lama jika dibandingkan dengan keberadaan manusia di luar ruangan. Mutu udara dalam ruangan dapat ditingkatkan dengan 3 cara yakni pengendalian sumber pencemar, perbaikan sistem ventilasi dan pembersihan udara. Dengan memahami pencemaran udara dalam ruangan maka dapat dihindarkan timbulnya pencemaran dan pengurangan dampaknya terhadap kesehatan manusia.

Oksigen merupakan unsur yang terbanyak terdapat dalam kerak bumi hingga mencapai sekitar 50% berat dalam berbagai bentuk senyawaan karbonat, nitrat, sulfat dan silikat yang tersebar secara luas. Air mengandung hingga 89% berat oksigen. Udara  mengandung hingga hampir 21% volume oksigen. Gas oksigen tidak berbau dan tidak berasa, sehingga tidak terdeteksi oleh pancaindera kita. Oksigen merupakan satu unsur penting tubuh manusia, bersama-sama dengan hidrogen, karbon dan nitrogen. Tetapi, oksigen merupakan satu-satunya unsur yang diperlukan setiap menit. Kesemua proses penting, seperti pernafasan, peredaran, fungsi otak, penghadaman, penyingkiran bahan buangan, pertumbuhan sel dan tisu, serta pembiakan hanya berlaku apabila terdapat banyak oksigen.

Elektrolisis merupakan salah satu jenis dari sel elektrokimia (selain sel volta). Dalam sel elektrolisis, digunakan listrik searah (DC) untuk melangsungkan reaksi redoks tidak spontan. Jadi, sel elektrolisis merupakan kebalikan dari sel volta yang dimana terjadi perubahan energi listrik menjadi energi kimia. Prinsip kerja elektrolisis yaitu elektron (listrik) memasuki larutan melalui kutub negatif (katoda). Spesi tertentu dalam larutan menyerap elektron dan katoda dan mengalami reduksi. Sementara itu spesi lain melepas elektron di anoda dan mengalami oksidasi.

Pemakaian alat dan material yang berpotensi menimbulkan pencemaran udara dalam ruang harus diganti dengan yang tidak menimbulkan pencemaran. Salah satunya dengan ” Alat Penyegar Ruangan Dengan Memanfaatkan Elektrolisis Air” yang ramah lingkungan karena hanya memanfaatkan air sebagai bahan baku. Dari alat ini akan dihasilkan gas oksigen pada ruang anoda yang selanjutnya akan di lepaskan ke udara ruangan yang secara otomatis akan meningkatkan  kadar oksigen udara ruangan.

0 komentar:

Posting Komentar