ASSALAMUALAIKUM....! SELAMAT DATANG DI BLOG YANG SEDERHANA INI. SEMOGA BISA MEMBERI MANFAAT DAN INSPIRASI BAGI ANDA. SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR. KARENA KOMENTAR ANDA SANGAT BERMANFAAT UNTUK BELAJAR LEBIH BAIK. TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Selasa, 02 Juli 2013

METODE PERUBAHAN YANG BENAR DAN SEJATI

 
Assalamualaikum...!


Postingan selanjutnya mengenai metode perubahan. Agar kawan-kawan tahu bagaimana metode perubahan yang benar itu. Sehingga perubahan kita itu merupakan perubahan sejati, bukan yang bersifat sementara. Berpikir tentang perubahan tentu meniscayakan dimulai dengan adanya perubahan paradigma yang menjadi landasan hidup manusia. Paradigma yang menjadi landasan kehidupan manusia inilah yang memungkinkan terjadinya kebangkitan ataupun kemunduran kehidupan itu sendiri.



Dengan demikian, yang pertama kali harus dibidik adalah paradigma mendasar yang ada di tengah-tengah masyarakat. Apabila paradigma mendasar ini telah sejalan dengan fitrah manusia, maka ia tidak perlu diubah. Perubahan hanyalah dilakukan pada hal-hal yang dipandang tidak sahih, tidak lurus.

Apabila paradigmanya telah berubah dan posisinya telah digantikan oleh sebuah paradigma yang pasti kebenaran dan kelurusannya, barulah kita berpikir tentang perubahan masyarakat atau perubahan berbagai realitas yang ada.

Perubahan masyarakat atau berbagai realitas yang dimaksud hanya mungkin terjadi dengan cara mengubah berbagai standar perilaku, pemahaman, dan keyakinan yang berkembang di tengah-tengah masyarakat. Apabila telah terwujud paradigma yang sahih dan benar, maka akan terwujud pula satu standar perilaku, pemahaman, dan keyakinan yang mendasar bagi seluruh standar perilaku, pemahaman, dan keyakinan yang ada.

Kalau kita kembali ke contoh kasus teman misalnya, dan kita ingin merubahnya agar dia bisa terbebas dari jeratan sang pengelola haus harta. Yang harus kita lakukan adalah menghadirkan pada dirinya perasaan terjajah. Kita harus bisa membuka mata dan pikirannya bahwa selama ini dia dibodohi oleh sang pengelola. Dia harus benar2 merasakan bara amarah dalam dirinya hingga ada keinginan untuk membebaskan diri.

Selama kita tidak mampu menghadirkan rasa marah itu, selama itu pula dia akan ngerasa nyaman2 aja, dan tidak akan terjadi perubahan apapun.

Begitu pula dengan negerimu ini sobat. Kalau seandainya jutaan penghuni negeri kolam susu ini tidak juga sadar bahwa mereka sedang dijajah, diinjak dan  dihisap, alamat bakal doomed dan tidak terselamatkan, deh. Suwer! Ujung2nya kamu bakalan nyicil seumur idup tuh Rp 1600 triliun hutang bapak2 berdasi.

Karena itulah kita di sini rajin banget ngasih bacaan ke kamu2 semua tentang hal2 yang dekat dengan kehidupan kamu yang menyesakkan dan menyakitkan, tapi seringkali nggak disadari banyak orang. Kami ingin membuka mata dan pikiran sobat2 semua bahwa kita benar2 harus melakukan perjuangan untuk perubahan. Sekarang juga!

Prosesnya pertama2, otak kita yang udah banyak kemasukan virus Trojan dan sering Syntax Error ini harus diformat ulang dan diisi dengan Operating System yang virus free. Pilih Aqidah Islam, bebas virus tuh pren. Dan nginstallnya pun kudu bener. Harus tertanam kuat dan mantap. Jangan asal klik2 next aja tanpa tutorial. Artinya, cari tutor yang handal.

Aqidah ini musti jadi dasar pikiran kita. Jangan masukan software2 pikiran lain sebelum kamu masukin aqidah Islam ke otak kamu. Lalui hari2mu terus dengan penanaman aqidah. Kalau memang sudah mantap, kamu barengi deh dengan pemikiran2 Islam lainnya, seperti fiqh, sirah, tafsir, dll.

Dengan isi otak yang baru ini, tataplah dunia sekitarmu. Kamu pasti akan dapat melihat dengan jelas bahwa sistem kehidupan yang sekarang mengangkangi bumi ini adalah benar2 sistem yang rusak. Sistem yang hanya dijalankan oleh segelintir orang kaya-rakus ini tengah menghisap kekayaanmu, orangtuamu, saudara2mu, tetangga2mu, bahkan seluruh penduduk bumi.

Rasakan bara kemarahan dalam hatimu terhadap sistem yang rusak ini. Jadikan itu sebagai energimu untuk melakukan perubahan. Perubahan menuju kebaikan. Perubahan menuju Islam. Berdakwahlah bersama pejuang2 ikhlas lain yang tengah mencurahkan segenap kemampuan mereka untuk Islam ini.

Perjuangan inilah yang menunjukkan bahwa kita kaum muslimin, hidup. Tanpa perjuangan, sebenarnya kita mati. Oleh karena itu, sekali lagi, setiap Muslim sudah selayaknya untuk senantiasa berpikir tentang perubahan. Jangan lengah!

0 komentar:

Posting Komentar